Google Drive vs OneDrive mana yang terbaik?

Googel drive VS OneDrive, mana yang baikAkhir-akhir sudah banyak yang memanfaatkan layanan penyimpanan data berbasis cloud seperti Google Drive dan OneDrive. kami telah membicarakan kedua layanan ini sebelumnya bahkan memberikan tutorial Cara menggunakan Google Drive serta Cara menggunakan OneDrive.

Kedua-dua palatform tersebut memang menawarkan konsep yang serupa yakni untuk menyimpan data secara online dan dapat di akses dimana-pun dan dari perangkat apa-pun dengan cacatan kamu terkoneksi dengan internet.

Sebagaimana kita ketahui, Google Drive merupakan layanan yang di miliki google sementara OneDrive adalah layanan yang di miliki Microsoft, kedua perusahaan tersebut memang selalu bersaing ketat.

So, memutuskan antara OneDrive dan Google Drive sebagai layanan yang tepat untuk kita gunakan memang sulit mengingat kedua-duanya merupakan bagian dari perusahaan-perusahaan besar dan sudah punya nama baik di hadapan publik (siapa sih yang tidak kenal Google dan Microsoft).

Nah, atas dasar itulah kami mencoba memberikan gambaran, mana sih yang bagus? Google drive atau OneDrive.

Google Drive vs OneDrive mana yang terbaik?

1. Penyimpanan:

 A.Google Drive

Harga paket google drive, kelola paket
Google Drive memiliki ruang penyimpanan gratis sebanyak 15 GB. Jika 15 itu terasa kurang bagi kamu, kamu dapat meng-upgradenya ke 100 GB dengan harga Rp.269.000/ Tahun. Untuk kebutuhan komersial kamu dapat meng-upgrade sampai 30 TB (30.000 GB) dengan harga Rp 3.900.000/bulan.

B. OneDrive

OneDrive memiliki ruang penyimpanan gratis sebanyak 5 GB, jika 5 GB terasa kurang kamu dapat meng-upgradenya ke fitur premium. Di sana kamu dapat memilih, mau cuma tambah ruang penyimpanan sebanyak 50 GB dengan harga Rp. 31.000/Bulan atau paket lengkap plus office 365 Home dengan ruang penyimpanan sebanyak 5 TB (5.000 GB), paket ini di bandrol dengan harga 119.999/Bulan.

kelola penyimpanan

  

 2. Aplikasi pendukung:

 A. Google Drive

Google Drive sudah di dukung oleh Google Dokumen yang memungkinkan kamu untuk menulis, mengedit dan berkolaborasi bersama partner kamu. Agar mudah mengelola berbagai dokumen yang ada maka Google Drive hadir untuk itu. Buat kamu yang menggunakan google drive dapat di pastikan kamu dapat menggunakan google dokumen (secara gratis tentunya).

Google drive juga sudah di lengkapi oleh google foto yang mana mampu mengedit, sinkronisasi,  memberi label otomatis, menganalisa wajah serta membagikan galeri foto bersama (berkolaborasi).

Google Dokumen, fitur tambahan pada google drive


B. OneDrive

Jika Google Drive punya Google Dokumen maka OneDrive punya paket Office 365 yang mana semua versi terbarunya sudah tersedia pada paket tersebut, baik yang Personal maupun yang Home. 

Mengenai kelebihan rasanya kami tidak perlu mengutarakannya lagi, kenapa? karena semua orang juga pasti pada tahu apa saja keunggulan dari produk-produk dari microsoft tersebut. 

Office 365 meliputi Word, Exel, Power Point, OneNote, Outlook dan lainnya. Untuk keterangan lebih lengkap perhatikan gambar berikut.

paket office 365


3. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya

A. Google Drive

Produk-produk dari google memang tidak bisa di anggap remeh begitu saja, misalnya you tube, search engine,  dan tak terkecuali dengan Google drive. Google Drive sudah di lengkapi dengan berbagai fitur-fitur keren seperti penelusuran yang canggih, berbintang, terbaru dan masih banyak lagi. Sebagaimana yang sudah kami utarakan pada postingan sebelumnya.
Fitur-fitur pendukung pada google drive


B. OneDrive

Tidak mau tertinggal dari google drive, OneDrive juga ikut serta menghadirkan berbagai fitur-fitur keren pada layanan mereka. Beberapa di antaranya: tata letak yang dapat di ubah-ubah tentunya dengan pilihan templet yang menarik, tampilan yang lebih elegan dan navigasi yang sederhana sehingga memudahkan kamu dalam mengaskses layanan ini serta masih banyak lagi.

fitur-fitur yang keren pada OneDrive





Kesimpulan:

 Google Drive vs OneDrive mana yang terbaik?

Bertanya antara google drive dan onedrive sebagai yang terbaik mungkin jawabannya juga akan bervariasi, kenapa? karena di luar sana ada ribuan bahkan jutaan yang menggunakan salah satu platform tersebut.

Tapi akan kita berbicara pengalaman dan sebagai gambarannya.

Untuk menyimpan berkas-berkas seperti tugas kantor (Word, Exel, Power Point, OneNote, Outlook dan lainnya) kami lebih memilih OneDrive karena sudah di tumpang oleh ofiice 365.

Untuk menyimpan data seperti foto-foto atau bahkan vidio kami lebih memilih Google Drive karena sudah di dukung oleh Google Foto yang mana punya banyak kelebihan tersendiri di bidangnya.

Kamu?

Apa yang ingin kamu simpan?

Akhir kata: Google Drive dan OneDrive hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua-duanya tidak ada yang terbaik dan tidak pula yang terburuk, karena pada akhirnya berpulang pada kita, terhadap apa yang kita butuhkan terpenuhi-kah? maka itulah yang terbaik!

Direkomendasikan:
Artikel ini berlaku juga untuk: Alasan pilih google drive - alasan pilih onedrive - Onedrive vs Google Drive.

2 komentar

Ya, saya jadi tahu, saya mau simpan foto jadi saya akan pilih Google Drive

Coba juga untuk menggunakang OneDrive untuk menyimpan berbagai data office kamu

Sejauh ini hanya 12,6% komentar berbobot yang di unprove, Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk nyepam di sini
EmoticonEmoticon