Google Dokumen dan cara menggunakannya


Google Dokumen-Tidak mau kalah dari perusahaan raksasa "Microsoft", Google kini semakin berinovasi dalam meningkatkan berbagai produknya, Tak terkecuali dengan Google Dokumen, yaitu platform yang bergerak di bidang layanan pengolah kata, lembar sebar/spreadsheet,  presentasi dan  formulir.

Sebenarnya Google Dokumen bukanlah pendatang baru di dunia digital pasalnya layanan ini sudah di luncurkan untuk pertama kalinya pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dari dua layanan yaitu Writely dan Spreadsheet. Setelah berselang satu tahun baru layanan presentasi di luncurkan yaitu pada 17 September 2007.

Nah, dengan hadirnya Google Dokumen tentu akan sangat membantu kalian dalam aktivitas sehari-hari khususnya mahasiswa dan pekerja kantoran. Terdapat beberapa dokumen yang dapat kamu buat, pertama dokumen tekt seperti Microsoft Word, dokumen presentasi seperti Microsoft powerpoint, dan dokumen Spreadsheet seperti Excel.

Tidak berhenti di situ, Google Dokumen juga menyematkan sebuah fitur yang sangat unik yaitu  read only  dan can edit yang terdapat pada sharing settings dokumen, dengan hadirnya fitur ini maka satu dokumen dapat di kerjakan oleh beberapa orang pada dokumen dan waktu yang bersamaan.

Nah, sudah pada tahukan sekilas mengenai Google Dokumen, sekarang yok kita pelajari cara menggunakannya.

Cara menggunakan Google Dokumen untuk pemula
1. Di sudut kiri web pada bagian paling bawah, klik satu kali pada ikon berbentuk + (plus) untuk membuat dokumen baru.

2.  Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan menu bar yang ada pada  Microsoft Word tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan menu bar yang ada pada Google Dokumen, secara keseluruhan menu bar yang terdapat pada Google Dokumen fungsinya sama dengan yang ada pada  Microsoft Word.


3. Untuk fitur unggulan mereka yaitu read only  dan can edit dapat di akses di bagian paling atas yang bertulis bagikan (lihat gambar di atas). Selanjutnya kamu dapat menentukan bagaimana aksesibilitas dokumen kamu nantinya.

Terdapat tiga pilihan aksesibilitas pada menu share, yang pertama "Dapat melihat" yang artinya dokumen kamu hanya dapat di lihat oleh orang lain, yang ke dua "Dapat komentar" ini memungkinkan pengguna lain untuk memberi komentar terhadap dokumen yang kamu buat dan yang terakhir "Dapat mengedit"  akses yang seperti ini memungkinkan pengguna lain mengedit dokumen yang kamu buat seperti apa yang kami jabarkan pada paragraf nomor 4.
 
4. Dengan Google Dokumen kamu dapat menyimpan data kamu agar aman dan tentunya bisa di akses di kapanpun dan di mana saja. Caranya buka pemilih file yang terdapat di navbar atas klik satu kali kemudian pilih upload.
Nah sudah pada tahukan apa itu google dokumen dan cara menggunakannya? banyak sekali kelebihan yang tawarkan dan tentunya semua itu gratis. Well, dari pada pakek bajakan lebih baik kita membelinya tapi kalau ada yang gratis dari pada beli mending pakek yang gratisan aja! setuju?

Cukup  sekian hari untuk hari ini, jangan lupa subscribe blog ini dan share artikelnya ke teman-teman kalian, sekian dan terima kasih.

Artikel terkait! 

Disqus Comments